Varietas Buah Semangka



Semangka merupakan tanaman buah yang tumbuh merambat, yang berasal dari Afrika. Buah ini memiliki nama latin Citrullus lanatus, masih termasuk dalam keluarga tanaman yang bersifat menjalar atau keluarga Cucurbitacea.

Buah semangka memiliki kandungan air yang banyak dengan rasa yang manis. Hampir 90% buahnya terdiri atas air. Oleh karena itu buah ini sangat cocok dikonsumsi di saat cuaca sedang panas sebagai pelepas dahaga. Di samping itu, buah semangka ternyata juga memiliki banyak manfaat, yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Berdasarkan bijinya, semangka terdiri dari 2 varietas, yaitu varietas semangka tanpa biji dan varietas semangka berbiji.  Varietas semangka yang tidak berbiji relatif lebih sedikit dibandingkan dengan varietas semangka yang berbiji.

Di Indonesia, dikenal dua jenis semangka, yaitu semangka hibrida dan semangka lokal. Semangka lokal dari Indonesia antara lain Semangka Batu Sengkaling, Semangka Bojonegoro, dan Semangka Hitam dari Pasuruan. Berikut ini adalah beberapa jenis varietas semangka beserta ciri-cirinya.


  1. Buah Semangka Lokal 

Semangka Bojonegoro
Semangka ini berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur. Memiliki kulit buah yang berwarna hijau tua dan bergaris, dengan daging buah berwarna merah jingga. Rasa daging buahnya kurang manis. Semangka Bojonegoro memiliki banyak biji yang berkulit tipis dan berdaging tebal, sehingga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kuaci.

Semangka Sengkaling
Semangka ini berasal dari Sengkaling, Malang, Jawa Timur. Memiliki bentuk oval dengan garis tipis memanjang berwarna hijau tua. Daging buahnya berwarna merah cerah, dengan rasa yang manis, dan memiliki biji banyak. Semangka Sengkaling merupakan semangka yang bersifat open polineted  atau semangka yang tidak akan berubah kualitasnya apabila bijinya ditanam kembali.


  1. Buah Semangka Hibrida 

Golden Crown
Semangka ini diproduksi oleh Know You Seed. Memiliki bentuk bulat memanjang, dengan kulit yang berwarna kuning cerah. Daging buahnya merah dengan biji yang kecil. Kandungan gula yang terdapat pada semangka ini sekitar 12%.  

Sweet Beauty
Semangka ini juga diproduksi oleh Know You Seed. Memiliki berat sekitar 3 sampai 4 kg. Kulitnya hijau muda, dengan belang hijau tua memanjang dari ujung buah hingga ke pangkalnya. Semangka ini berkulit tebal, sehingga tahan dalam proses penyimpanan dan dalam proses pengangkutan. Daging buahnya  memiliki warna merah, dengan kandungan gula berkisar antara 12 hingga 14%. Semangka jenis ini biasanya dipanen pada umur 80 hingga 85 hari sejak proses penanaman di lahan.

Farmer Giant
Semangka ini berukuran besar, sesuai dengan namanya. Beratnya bisa mencapai 12 kg. Memiliki kulit buah yang keras dan tebal. Daging buahnya berwarna merah menyala, dengan rasa manis, dan memiliki tekstur yang renyah. Semangka jenis ini relatif tahan terhadap serangan CMV (cucumber mosaic virus).

New Dragon
Semangka jenis ini berasal dari Taiwan. Memiliki bentuk bulat yang memanjang dengan ukuran yang besar. Adakalanya berat semangka ini mencapai 9 kg. Kulit buahnya tebal sehingga tahan terhadap kerusakan. Daging buahnya berair banyak, renyah, dan memiliki rasa yang sangat manis. Semangka New Dragon mudah beradaptasi dengan berbagai jenis tanah. Di samping itu varietas ini juga  tahan terhadap serangan CMV (cucumber mosaic virus), seperti halnya varietas Farmer Giant.

Quality
Varietas Quality merupakan salah satu semangka dengan jenis tanpa biji. Memiliki berat yang dapat mencapai 7,5 kg. Bentuknya bulat, dengan kulit yang berwarna hijau agak kebiruan dengan corak berwarna hijau tua. Memiliki daging buah berwarna merah, dengan rasa yang sangat manis dan renyah. Dengan kulit yang tebal, maka semangka Quality memiliki ketahanan yang baik untuk pengiriman jarak jauh dan dalam proses penyimpanannya.

Yellow Baby
Semangka Yellow Baby memiliki bentuk oval, dengan diameter buah sekitar 15 cm.  Beratnya sekitar 4 kg. Semangka ini memiliki kulit buah yang berwarna hijau muda menyala,  dengan corak memanjang yang berwarna hijau gelap. Daging buah semangka ini berwarna kuning, sesuai dengan namanya. Memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang renyah.


Meskipun buah semangka berasal dari Afrika, buah ini sangat cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Tentu saja dengan memperhatikan beberapa persyaratan, baik kondisi iklim dan media tanamnya. Jika Anda berminat untuk mengetahui lebih jauh tentang budidaya buah semangka, silahkan baca artikel CaraMenanam Semangka berikut ini.


Kembali ke atas