Manfaat Semangka bagi Kesehatan

Manfaat semangka bagi kita sangatlah banyak dan beragam. Bukan hanya sebagai pelepas dahaga di saat cuaca panas, semangka juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah semangka terdiri dari beberapa varietas, baik lokal maupun hibrida. Selain dikonsumsi daging buahnya, kulit dan biji semangka juga dapat dimanfaatkan. Kulit semangka dapat diolah menjadi acar atau asinan seperti halnya ketimun. Sedang biji semangka dapat diolah menjadi kwaci.

Dalam setiap 100 g buah semangka, terkandung zat karbohidrat, lemak, protein, gula, serat pangan, dan tentu saja air, yang setara dengan energi sebesar 127 kJ (30kcal). Di samping itu juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, Kalsium, Besi, Magnesium, dan beberapa zat lainnya. Dengan banyaknya kandungan zat-zat tersebut maka tidaklah mengherankan jika semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari semangka:
  • Vitamin A memiliki khasiat menyehatkan organ penglihatan. Dengan rutin mengkonsumsi buah semangka maka mata kita akan menjadi lebih sehat.
  • Vitamin C pada semangka memberi manfaat membantu menaikkan sistem imun pada tubuh. Dengan adanya peningkatan pada sistem kekebalan tubuh, maka tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit.
  • Kalium dan Magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Semangka merupakan salah satu sumber likopen. Likopen ini memiliki andil dalam menjaga kesehatan jantung.
  • Semangka mengandung senyawa karotenoid, yang berfungsi membantu menetralisir radikal bebas di dalam tubuh.
  • Buah semangka termasuk makanan yang rendah gula dan kalori. Di samping itu memiliki kandungan air dalam jumlah. Hal ini sangat menguntungkan bila dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat memberi rasa kenyang tanpa menambah banyak gula dan kalori.
  • Kandungan air yang tinggi ini juga dapat menghindarkan tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Banyak mengkonsumsi buah semangka, dapat memperlancar aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine ini maka organ ginjal kita akan menjadi lebih sehat.
  • Perpaduan antara serat, air, dan likopen dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Likopen ini juga berfungsi mengurangi penyerapan sinar ultra violet pada kulit.
  • Bagian semangka yang berwarna putih mengandung zat citrulin. Citruline dapat membantu mengurangi lemak berlebih pada tubuh. Di samping itu, zat ini juga memiliki fungsi mempercepat proses penyembuhan pada luka. Dengan menggunakan bagian putih pada semangka maka luka pada tubuh akan menjadi cepat kering.
  • Daging buah semangka dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Pemanfaatan masker semangka ini dapat berfungsi membersihkan debu dan kotoran pada kulit wajah, melembutkan kulit, serta dapat meremajakan kulit wajah.
  • Biji semangka bisa diolah menjadi teh dengan cara dihancurkan dan dikeringkan. Bila di dalam sistem pencernaan tubuh kita terdapat cacing pita, teh ini dapat digunakan untuk membantu membunuh dan mengurangi cacing pita tersebut.

Banyak bukan, manfaat dari semangka bagi kesehatan kita. Oleh karena itu tidak perlu ragu untuk banyak mengkonsumsi buah semangka. Bila perlu kita dapat membudidayakannya di halaman rumah kita. Silakan baca artikel Cara Menanam Semangka, jika ingin tahu lebih banyak informasi tentang budidaya semangka.