Beragam Manfaat Cabe

Bagi penggemar rasa pedas, cabe merupakan salah satu bumbu wajib yang harus ada dalam setiap sajian makanan. Namun tahukah anda, bahwa di balik rasa pedasnya, cabe ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari cabe:
  • Senyawa capsaicin, yang merupakan penyebab rasa pedas pada cabe, memiliki manfaat sebagai antibiotik alami.
  • Pilek dan hidung tersumbat dapat mereda kerena cabe. Hal ini dikarenakan capsaicin dapat bekerja mengencerkan lendir, sehingga hidung menjadi tidak tersumbat.
  • Keluhan sakit kepala dan nyeri sendi juga dapat mereda karena cabe. Hal ini terjadi karena rasa panas dan pedas yang berasal dari capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Obat salep pereda rasa sakit pada umumnya mengandung bahan ini, dan berfungsi merangsang pelepasan hormon endorphin yang dapat mengurangi rasa sakit.
  • Nafsu makan akan meningkat karena cabe. Hal ini disebabkan oleh capsaicin yang dapat merangsang produksi hormon endorphin. Hormon inilah yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan bahagia pada diri penikmatnya.
  • Cabe juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, stroke, dan juga impotensi. Dengan mengkonsumsi cabe secara rutin, darah akan cenderung tetap encer dan mencegah terjadinya kerak lemak pada pembuluh darah.
  • Adanya vitamin C dan betakaroten pada cabe dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah afrodisiak, ketidaksuburan atau infertilitas, serta memperlambat terjadinya proses penuaan.
  • Cabe dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh rasa pedas pada capsaicin yang bekerja membakar lemak dan mengeluarkannya bersama dengan keringat.
  • Dalam takaran yang tidak berlebihan, capsaicin bisa menurunkan asam lambung dan bekerja sebagai anti inflamasi.
  • Cabe berfungsi melancarkan proses pencernaan. Ketika cabe sedang dihancurkan di mulut, produksi saliva akan meningkat. Cabe membantu mengosongkan isi lambung dan dengan cepat mengeluarkan makanan dari dalam perut. Hal ini dikarenakan saraf-saraf yang bekerja mengatur gerakan perut bersifat sensitif terhadap capcaisin.
  • Ekstrak buah cabe rawit memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans, semacam jamur yang tumbuh pada permukaan kulit.

Banyak bukan, manfaat cabe bagi kesehatan. Namun jangan lupa bahwa mengkonsumsi cabe secara berlebihan juga bisa memberikan efek samping yang negatif, seperti rasa mulas pada perut, diare, dan panas pada anus.

Jika kita merasa kepedasan setelah makan makanan yang pedas, kita bisa menguranginya dengan minum air yang hangat-hangat kuku. Memang pada awalnya air hangat yang kita minum seperti menambahkan rasa pedas, namun sebenarnya cara ini akan lebih cepat meredakan daripada minum air yang dingin. Cara yang lain adalah dengan minum yogurt. Semoga bermanfaat.


Dirangkum dari berbagai sumber.